Beberapa Negara Penyimpan Cadangan Emas

Beberapa Negara Penyimpan Cadangan Emas

Beberapa Negara Penyimpan Cadangan Emas

Negara Penyimpan Cadangan Emas – Emas merupakan salah satu logam mulia paling berharga di bumi. Keberadaannya banyak dimanfaatkan mulai dari perhiasan, aset simpanan, hingga penentu nilai mata uang suatu negara. Selain itu emas juga memiliki banyak kegunaan terutama di bidang industri, karena sifat logam emas padat, lunak, dan mudah ditempa. Sebagai contoh emas bisa digunakan dalam produk-produk elektronik, kedokteran gigi, pelindung radiasi, dan kabel.

Masih belum cukup, logam mulia ini juga dapat dijadikan pelengkap dalam makanan atau minuman karena dapat dikonsumsi, meskipun merupakan logam berat dan padat. Namun dari semua itu, emas berkontribusi terhadap kebijakan moneter suatu negara, stabilitas mata uang, dan transaksi keuangan internasional.

Karenanya setiap negara yang memiliki cadangan emas paling banyak dapat memberikan pengaruh moneter yang sangat kuat, baik secara domestik maupun internasional. Lantas negara mana saja yang memiliki simpanan emas paling banyak di dunia?

Melansir dari situs Statista, Sabtu (29/9/2023), pemilik cadangan emas terbesar di dunia hingga 2023 masih dipegang oleh bank sentral Amerika Serikat dengan jumlah mencapai 8.133,5 metrik ton emas.

Baca juga : Sejarah Emas Antam Tertinggi Sepanjang Sejarah

Dengan lebih dari 8.000 metrik ton emas, AS memiliki pengaruh moneter yang sangat besar terhadap perekonomian dunia. Bahkan dengan cadangan emas sebanyak itu membuat dolar AS jadi mata uang nomor 1 di bumi.

Jumlah cadangan emas yang dimiliki AS ini lebih dari dua kali lipat dari cadangan emas Jerman yang berada di peringkat kedua sebagai negara ‘penimbun’ emas terbesar di dunia dan tiga kali lipat lebih dari cadangan emas Italia dan Perancis.

Setelahnya ada Rusia yang menduduki peringkat ke 5 dengan cadangan emas mencapai 2.329,65 metrik ton. Barulah setelah itu China menduduki peringkat keenam dalam hal jumlah cadangan emasnya, dan selanjutnya disusul oleh Australia.

Beberapa Negara Penyimpan Cadangan Emas Terbanyak di Bumi

  • Amerika Serikat

Cadangan emas sebanyak 8,133.47 ton, Amerika berada di peringkat pertama. Cadangan emas nasional itu tersimpan di Federal Reserve Bank of New York, Federal Reserve Bank of San Francisco, dan di dalam United States Bullion Depository yang terkenal di Fort Knox, Kentucky.

  • Jerman

Sebelumnya, cadangan emas nasional Jerman sebagian tersimpan secara tersebar yang dititipkan ke beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, dan Prancis dikarenakan rencana repatriasi Jerman. Setelah repatriasi selesai, sekarang, sejumlah besar cadangan emas Jerman sudah disimpan di dalam negeri di Bundesbank Gold Vault di Frankfurt. Diperkirakan cadangan emas yang ada sebesar 3,355.14 ton.

  • Italia

Italia memiliki cadangan emas nasional yang tersimpan di Bank Sentral Italia atau Banca d’Italia. Sejumlah besar, emasnya disimpan di dalam negeri, dan banyak cadangan emas yang berada di dalam bank sentral tersebut sebesar 2,451.84 ton.

  • Prancis

Cadangan emas yang dimiliki Prancis sebanyak 2,436.5 ton dan tersimpan aman di Bank Sentral Prancis yang lebih dikenal dengan Banque de France. Faktanya, Prancis bahkan tidak memiliki tambang emas di negaranya.

  • Rusia

Pusat tambang emas negara ini berada di bagian utara Rusia dan cadangan emas yang dimiliki negara ini sebanyak 2,298.53 ton yang disimpan di Bank Sentral Rusia atau Bank of Russia (Банк России).

  • China

Cadangan emas nasional China disimpan oleh Bank Sentral China, yang dikenal sebagai People’s Bank of China (PBOC). Sejumlah besar emas ini biasanya disimpan di dalam negeri, tetapi seiring waktu, China juga telah meningkatkan akuisisi emas internasionalnya. Cadangan emasnya mencapai 1,948.31 ton.

  • Swiss

Swiss, negara dengan cadangan emas terbesar di dunia sebanyak 1,040 ton, sebagian besar disimpan di beberapa bank komersial dan lembaga keuangan swasta, dan di Bank Nasional Swiss (Swiss National Bank).

  • Jepang

Peringkat ke-8 ada Jepang dengan cadangan emas sebesar 845.97 dan sebagian besar disimpan dengan aman oleh Bank of Japan, bank sentral Jepang. Pusat tambang emas di Jepang berada di Pulau Sado yang biasa disebut sebagai Pulau Emas.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *