Ketahui 9 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Mau Wajah Bebas dari Jerawa

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia yang berhadapan langsung dengan paparan radikal bebas yang berasal dari polusi, asap rokok dan sinar matahari. Sel-sel pada kulit wajah bisa rusak bila kerap terpapar radikal bebas tersebut. Namun, secara tidak sadar ada beberapa kebiasaan yang juga bisa merusak kulit wajah.

Wajah yang putih, mulus dan bebas dari jerawat tentunya menjadi idaman semua wanita. Sayangnya impian tersebut seringkali terhambat oleh berbagai masalah kulit yang muncul, seperti jerawat. Munculnya benjolan berwarna merah muda ini pada wajah tentunya akan sangat mengganggu penampilan kamu dan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Munculnya jerawat seringkali dihubungkan dengan pengaruh hormon tubuh dan makanan. Tapi selain keda faktor tersebut, ternyata jerawat juga bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa sadar sering kamu lakukan. Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?.

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Kulit Wajah

1. Jadwal mencuci wajah tidak teratur

Mencuci wajah memang penting untuk dilakukan setiap hari, yang bertujuan untuk mengurangi produksi minyak yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Namun jika kamu terlalu sering mencuci wajah, produksi minyak pada wajah justru akan meningkat dan resiko munculnya jerawat pun akan semakin meningkat. Sebaiknya cukup cuci wajah sebanyak 2 kali saja setiap harinya, saat pagi saat mandi dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, jangan lupa pula untuk membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan keringat. Jika tidak segera dibersihkan, keringat akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat. Bersihkan keringat terlebih dahulu menggunakan tissue atau kain lembut, kemudian cuci wajah menggunakan air dan sabun jika diperlukan. (Baca juga: 9 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan saat Mencuci Wajah)

2. Sering menyentuh wajah

Secara tidak sadar kita sering melakukan kebiasaan ini, menyentuh wajah dengan tangan. Kebiasaan ini tentunya dapat membuat bakteri dan kuman pada tangan berpindah ke wajah. Alhasil, bakteri dan kuman tersebut akan memunculkan infeksi pada kulit wajah, salah satunya jerawat. Menyentuh jerawat yang sudah terlanjur muncul pun dapat menyembabkan infeksi yang lebih parah dan membuat jerawat sulit untuk sembuh. Nah jika ingin menyentuh wajah, pastikan terlebih dahulu tangan kamu dalam keadaan yang bersih. Cucilah tangan menggunakan sabun atau gunakan hand sanitizer saat kamu sedang berada di luar rumah.

3. Handuk multifungsi

Sering menggunakan satu handuk untuk mandi sekaligus mengeringkan wajah? Bisa jadi hal tersebutlah yang membuat wajah kamu jerawatan. Handuk yang digunakan untuk mandi bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman penyebab jerawat. Untuk mandi dan mencuci muka, sebaiknya gunakan handuk yang berbeda. Khusus untuk cuci muka, pilih handuk dengan tekstur yang lebih lembut untuk kulit wajah.

Selain itu, sering-seringlah untuk mencuci handuk wajah, agar handuk tersebut tidak berubah menjadi sarang bakteri dan kuman. Tidak hanya handuk, sarung bantal dan sprai juga harus dicuci secara rutin. Karena saat tidur, wajah kamu sering bersentuhan langsung dengan sarung bantal dan sprai. Sarung bantal dan sprai yang kotor tentunya juga dapat memicu munculnya jerawat pada wajah.

4. Menggosok wajah

Saat mengeringkan wajah setelah mandi, usahakan jangan menggosok wajah terlalu keras dengan menggunakan handuk ataupun alat pengering lainnya. Menggosok wajah hanya akan membuat wajah kamu mengalami iritasi yang bisa menjadi penyebab jerawat, serta membuat wajah cepat keriput karena kehilangan elastisitasnya. Cara terbaik untuk mengeringkan wajah adalah dengan menepuk-nepuk secara lembut menggunakan handuk bersih berbahan lembut.

5. Pola makan buruk

Mungkin kamu sering mendengar mitos bahwa makanan berlemak seperti kacang dan cokelat beresiko besar menyebabkan jerawat. Namun hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Lemak yang terkandung pada kacang dan cokelat merupakan jenis lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh dan bukan menjadi penyebab munculnya jerawat. Lemak jahat yang terkandung pada junk food dan gorenganlah yang dapat menyebabkan jerawat. Lemak jahat ini berperan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah dan memicu produksi hormon insulin, yang mana hormon tersebut menstimulasikan produksi minyak dan menimbulkan jerawat.

Selain lemak jahat, makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan munculnya jerawat dan merusak kesehatan kulit. Hal ini karena kandungan dalam alkohol dapat meningkatkan resiko terjadinya peradangan pada aliran darah, yang membuat kulit kamu lebih cepat kendur dan keriput.

6. Memakai alat make-up yang kotor

Menggunakan alat make-up yang kotor akan menyebabkan pori kulit wajah menjadi tersumbat dan terserang bakteri yang dapat menimbulkan berbagai infeksi pada wajah, salah satunya jerawat. Oleh karena itu, bersihkanlah alat make-up seperti kuas secara rutin, setidaknya 1 bulan sekali, agar tidak menjadi sarang berkembangnya bakteri dan kuman penyebab jerawat. Kamu bisa mencuci kuas make-up menggunakan sabun khusus untuk peralatan make-up, yang tentunya tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat merusak kulit.

7. Merokok

Kamu seorang perokok? Sebaiknya mulai hentikan kebiasaan buruk tersebut. Sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa seorang perokok memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar untuk mengalami masalah wajah seperti jerawat. Sebagai perokok aktif, wajah kamu pun akan terlihat 2,5 tahun lebih tua dari usia yang sebenarnya. Bagaimana , setelah melihat begitu banyak dampak negatif dari rokok, masih ragu untuk berhenti merokok?

8. Berjemur dalam waktu lama

Sinar UV pada matahari pagi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya mengandung antibakteri yang dapat melindungi wajah dari munculnya jerawat. Namun jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari, kulit wajah kamu justru akan menjadi sangat kering, sehingga produksi minyak pada wajah pun semakin meningkat. Produksi minyak yang berlebih inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

9. Jadwal tidur yang tidak teratur

Tidur menjadi waktu terpenting bagi kulit, dimana pada saat itulah sel-sel kulit mengalami regenerasi atau perbaikan. Agar proses regenerasi ini berjalan dengan lancar, tentunya dibutuhkan waktu tidur yang cukup. Kurangnya waktu tidur tentunya dapat mengganggu proses tersebut, yang pada akhirnya akan menyebabkan munculnya jerawat dan terjadi penuaan dini pada kulit.

Terlalu lama tidur pun dapat menimbulkan stres yang pada akhirnya berakibat pada munculnya jerawat. Oleh karena itu, tidurlah secukupnya dan dengan dosis yang sewajarnya yakni 6-8 jam setiap hari.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *