7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Langsing Loh

Daftar 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Langsing

7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Langsing Loh

Diet dan berolahraga selalu diidentikkan sebagai cara untuk mendapatkan tubuh langsing yang menjadi idaman hampir setiap wanita. Tapi ternyata kamu juga bisa mendapatkan tubuh yang langsing tanpa harus diet dan olahraga mati-matian loh. Nggak diet , nggak olahraga, terus gimana caranya bisa langsing? Tenang .

Upaya menurunkan berat badan juga bisa dibantu dengan melakukan kebiasaan sebelum tidur ini. Mulai dari makan tak terlalu malam hingga minum teh chamomile. Menurunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Selain memerhatikan asupan kalori, kamu juga perlu memastikan tidur cukup. Durasinya rata-rata 7,5 jam sampai 9 jam di malam hari.

Pakar kesehatan mengatakan tidur erat kaitannya dengan berat badan. Kalau kamu kurang tidur, hormon pemicu rasa lapar dan nafsu makan akan meningkat. Usaha menurunkan berat badan pun akan sulit. Kamu bisa jadi kurus dalam sekejap hanya dengan membiasakan diri untuk melakukan 7 kebiasaan di bawah ini.

7 Kebiasaan Bisa Bikin Langsing

1. Bernyanyi

Hampir semua orang tentunya suka bernyanyi, pastinya juga kan? Seperti yang kita ketahui, bernyanyi memang bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh kita, mulai dari memberi efek nyaman, mengobati stres hingga menghilangkan rasa nyeri. Tapi bukan cuma itu saja loh, ternyata bernyanyi juga bisa menurunkan berat badan. Kabar baik kan bagi kamu yang suka konser tunggal di kamar mandi? Hehehe

Dikatakan bahwa dengan bernyanyi selama 20 menit saja, orang yang memiliki berat badan 68 kg dapat membakar sekitar 34 kalori jika bernyanyi sambil duduk, dan 45 kalori jika bernyanyi sambil berdiri. Jadi untuk bisa langsing, kamu tidak perlu capek-capek fitness , cukup bernyanyi saja setiap hari 😀

2. Makan dengan perlahan

Fakta yang cukup mengejutkan untuk yang sering makan dengan cepat, ternyata kebiasaan ini bisa meningkatkan resiko terjadinya obesitas loh. Karena otak membutuhkan waktu minimal 20 menit untuk merasakan kenyang. Jika makan dengan cepat, otak kamu akan tetap berpikir bahwa makanan yang kamu makan belum cukup mengenyangkan. Pada akhirnya, meskipun sudah makan dalam porsi yang banyak, otak kamu akan tetap merasa “lapar” dan memerintahkan tubuh untuk terus makan dengan lebih banyak.

Karena itu, cobalah biasakan diri kamu untuk makan secara perlahan yah, . Pasti kamu akan merasa lebih cepat kenyang walaupun dengan porsi makanan yang lebih sedikit dari biasanya. Kunyahlah makanan secara perlahan, bisa juga diselingi dengan minum air putih. Selain membuat kamu merasa lebih cepat makan, hal ini juga baik untuk kesehatan pencernaan kamu karena mengunyah secara perlahan dan lebih lama juga akan membuat makanan menjadi lebih halus dengan sempurna.

3. Makan menggunakan piring kecil

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga porsi makan agar tidak berlebihan adalah dengan menggunakan piring berukuran kecil. pernah mendengar istilah “lapar mata”? Terkadang bukan perut kamu yang lapar, melainkan mata yang merasa lapar. Saat menggunakan piring berukuran besar, maka kita juga akan cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak hingga piring tersebut penuh. Karena jika mengambil makanan dengan porsi sedikit pada piring yang besar, maka makanan tersebut tidaklah mengenyangkan untuk mata kamu.

Namun jika menggunakan piring berukuran kecil, walaupun mengambil makanan dengan porsi sedikit, namun akan terlihat penuh dan membuat kamu melihat makanan tersebut sudah cukup untuk membuat kamu merasa kenyang. Nah mulai dari sekarang, cobalah untuk membiasajan diri untuk makan menggunakan piring yang ukurannya lebih kecil yah, .

4. Makan di meja makan

Suka makan sambil menonton televisi, berdiri, bekerja ataupun melakukan kegiatan lain? Jika iya, kamu harus menghentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa makan sembari melakukan kegiatan lain akan membuat kamu menjadi tidak fokus saat makan. Saat tidak fokus, otak pun tidak akan merasa “kenyang” walaupun makanan yang masuk ke mulut kamu sudah cukup untuk memenuhi asupan kalori harian. Hasilnya, otak akan terus memerintahkan tangan untuk terus memasukkan makanan ke dalam mulut kamu. Oleh karena itu, biasakan diri kamu untuk makan di meja makan, tanpa melakukan kegiatan lainnya. Selain dapat mengurangi porsi saat makan, kebiasaan makan dengan duduk di meja juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan mampu menunda rasa lapar.

5. Sikat gigi setelah makan

Mungkin bertanya-tanya, apa hubungan antara menyikat gigi dengan tubuh yang langsing? Jelas ada . Aroma mint yang terkandung dalam pasti gigi akan mampu mengurangi nafsu makan. Dengan begitu, setelah makan kamu akan merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menekan nafsu untuk makan lebih banyak ataupun ngemil.

6. Ngobrol sambil berjalan

Terlalu lama duduk juga menjadi salah satu penyebab banyaknya timbunan lemak pada tubuh kamu. Oleh karena itu, usahakan untuk lebih banyak bergerak aktif, misalnya seperti berdiri atau berjalan saat mengobrol. Ini bisa jadi cara yang paling tepat untuk yang sering bekerja dan duduk di depan komputer dalam waktu yang lama.

7. Sarapan teratur

Cara paling mudah untuk mendapatkan tubuh yang langsing adalah biasakan diri kamu untuk selalu sarapan di pagi hari. Yup, rutin sarapan akan mampu menjauhkan kamu dari resiko obesitas atau kegemukan. Bahkan orang yang melewatkan sarapan memiliki resiko 4 kali lebih tinggi untuk mengalami obesitas dibanding mereka yang sarapan dengan teratur setiap harinya. Kok bisa yah? Hal ini karena orang yang sering melewatkan sarapan cenderung akan makan lebih banyak ketika makan siang karena rasa lapar yang berlebih. Alhasil, mereka akan mengonsumsi lebih banyak kalori dan lemak, bahkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh mereka bisa 100 kalori lebih banyak daripada orang yang tidak pernah melewatkan sarapan.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *