Lima Kalung Perhiasan Termahal di Dunia

Berikut 5 Kalung Perhiasan Termahal di Dunia

Lima Kalung Perhiasan Termahal di Dunia

Bagi kaum hawa, perhiasan sudah menjadi kebutuhan wajib untuk menunjang penampilan. Perhiasan pun dipercaya mampu menimbulkan kepercayaan diri bagi penggunanya. Selama beberapa tahun, kalung perhiasan telah menjadi aksesoris terbaik khususnya bagi kaum wanita. Tak heran banyak wanita tergila-gila dengan kalung perhiasan karena mudah digunakan dan bisa dikenakan dalam berbagai desain dan kegiatan.

Namun tak semua kalangan wanita bisa mengenakan kalung khususnya perhiasan yang memiliki nilai mahal. Selama ini, diketahui telah banyak kalung perhiasan yang sengaja dibuat untuk simpanan kekayaan. Banyak kalangan selebritas dan orang kaya yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk bisa memilikinya.

Artefak arkeologi mengungkapkan manusia telah menggunakan kalung selama ribuan tahun. Beberapa kalung yang telah dibuat memiliki harga fantastis. Berbagai macam kalung tersebut dibuat atau digunakan untuk menggambarkan simbol kekuasaan dan kekayaan, menandakan status tinggi seseorang dalam masyarakat dan politik, bahkan untuk mencegah penyakit dan roh jahat.

Namun paling sering, orang menggunakan kalung untuk meningkatkan kecantikan dan daya tariknya serta sebagai tanda kasih sayang dan cinta. Apapun alasannya, kalung terus menjadi daya tarik perhiasan utama selama ribuan tahun. Harga kalung menjadi sangat mahal karena keindahan, sejarah, dan nilainya yang luar biasa.

5 Kalung Perhiasan Termahal di Dunia

Berikut adalah 5 kalung perhiasan termahal di dunia yang dijual hingga jutaan dolar atau setara miliaran rupiah:

1. A Heritage in Bloom

Perajin dari China Wallace Chan telah merancang A Heritage in Bloom, yang diperkirakan bernilai 200 juta dolar AS atau Rp3,03 triliun, sehingga menjadikannya yang teratas dalam daftar kalung termahal di dunia. Kalung ini memiliki total 383,4 karat batu mulia dengan berlian utama yang tidak berwarna saja bernilai 35 juta dolar AS. Selain itu, kalung itu menampilkan 72 giok lemak kambing putih, 114 giok hijau es, 600 berlian merah muda, dan 19 berlian tak berwarna lainnya.

Semua batu berharga ini membuat berat kalung menjadi setengah pon. A Heritage in Bloom dirancang dengan berlian internal tanpa cela yang diukir dari Cullinan Heritage, berlian Tipe IIA 507,55 karat yang sangat langka. Tipe IIA menjamin berlian bebas dari kotoran. Figur hiasan kupu-kupu menyimbolkan cinta dan kelelawar untuk keberuntungan. Perajin bekerja selama lebih dari 47.000 jam untuk membuat mahakarya ini. Fakta yang menarik adalah kalung tersebut memiliki desain modular yang dapat dikenakan dalam 27 cara.

2. The Incomparable Diamond Necklace

Kalung Incomparable berharga 55 juta dolar AS atau Rp833,7 miliar. Kalung ini mahal karena batu liontinnya yang berharga, yakni berlian kuning kecoklatan seberat 407,48 karat. Di dalam batu mulia terdapat rose gold, dengan aksen 91 berlian putih. Berat total kalung ini 637 karat. Secara estetis, kalung ini menyerupai sulur karena batu utama menggantung dari batangnya. Kalung ini sangat berharga karena desainnya yang eksotis asimetris dan tidak beraturan, serta kisah menarik di baliknya.

Legenda mengyebutkan bahwa batu asli kalung ini ditemukan oleh seorang gadis miskin beberapa dekade lalu di Kongo, Afrika. Berlian langka dan berharga ini menjadi daya tarik utama di museum populer termasuk Smithsonian, sebelum dipotong dan ditempatkan di kalung oleh pembuat perhiasan mewah Mouawad. Berlian 637 karat dianggap sebagai berlian tanpa cacat internal terbesar di dunia.

3. The Heart of the Ocean

Dalam film Titanic, Rose yang diperankan oleh Kate Winslet mengenakan kalung seperti ini saat Jack yang diperankan oleh Leonardo di Caprio menggambar sketsa dirinya di kapal yang tengelam. Kalung ini menampilkan berlian biru berbentuk hati sebagai liontin yang dikelilingi oleh berlian putih. Batu yang tak ternilai itu tergantung dari untaian berlian putih.

Film Titanic menciptakan minat besar pada perhiasan terkenal untuk membuat edisi Heart of the Ocean dengan banyak versi. Asprey dan Garrard menjual kalung model ini seharga 2,2 juta dolar AS, sementara versi superior Harry Winston dijual dengan harga 20 juta dolar AS atau Rp303,6 miliar.

4. The Heart of the Kingdom

Pembuat kalung ini adalah Garrard and Company. Kalung ini menampilkan berlian putih 155 karat berbentuk buah pir dan bulat yang ditempatkan di sebuah band. Batu-batu berharga ini mengelilingi salah satu rubi Burma terbesar di dunia yang terletak di tengah-tengahnya. Batu rubi berbentuk hati ini memiliki berat 40,63 karat yang luar biasa. Daya tariknya meningkat dengan rona merah darah merpati. Selain itu, kalung ini fleksibel karena bisa juga dipakai sebagai tiara.

Sebuah laboratorium Swiss menyatakan bahwa rubi itu sangat langka dan sangat asli. Tidak heran, kalung ini dibanderol dengan harga mencapai 14 juta dolar AS atau Rp212,2 miliar.

5. Leviev’s Vivid Yellow Diamond Pendant

Pedagang berlian Israel, Lev Leviev menjual kalung ini dengan harga 10 juta dolar AS atau Rp151,6 miliar. Alasan tingginya harga kalung ini karena menampilkan berlian kuning cerah 77,12 karat yang disempurnakan dengan untaian berlian putih. Leviev menemukan berlian berharga di salah satu tambangnya dan telah tercatat sebagai salah satu berlian terbesar di dunia.

Peringkat tertinggi untuk batu berwarna adalah fancy vivid dan milik Leviev memenuhi syarat dalam kategori ini. Leviev sendiri mengendalikan kelompok tambang berlian terbesar ketiga di dunia.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *